OTOMOTIF: BAHAS TUNTAS COOLING FAN SISTEM PENDINGIN MOBIL+ cara pemeriksaan

Diposting oleh Ahmads the changer pada 16:18, 23-Agu-13

Di: otomotif , pendidikan

assalamualaikum wr wb.

Selamat malam sobat semua ..... kali ini sengaja admin tebalin kata" pembukanya biar mudah dibedain dengan materi...

kali ini admin akan membagikan artikel lengkap tentang kipas pendingin mobil yang merupakan tugas dari sekolah



tidak ada salahnya admin bagikan jg buat sobat semua yang membutuhkan






Kipas pendingin
     

 Kipas pada sistem pendingin digunakan untuk membantu proses pendinginan yang sudah dilakukan radiator. Pada proses pendinginan air pendingin yang bersirkulasi di mesin sudah didinginkan dengan radiator oleh udara luar ,  tetapi pendinginannya tidak cukup apabila kendaraan berhenti. Untuk itulah diperlukan kipas (fan) yang akan menambah pendinginan.Kipas pendingin ditempatkan di bagian belakang radiator.

kipas pendingin umumnya digolongkan menjadi dua yaitu

  1. ·         kipas pendingin yang digerakkan mesin itu sendiri melalui belt atau
  2. ·         kipas pendingin yang digerkkan oleh motor listrik.

Kipas pendingin berfungsi untuk membantu proses pendinginan yang sudah dilakukan radiator.



A.   Jenis- jenis kipas pendingin

(1)    Kipas pendingin yang digerakkan v belt

images?q=tbn:ANd9GcT1rfs0yOiqMZrZJjV1YPD
    Kipas pendingin jenis ini digerakkan terus menerus oleh poros engkol melalui tali kipas. Kecepatan kipas berubah sesuai dengan kecepatan mesin.
Putaran kipas belum cukup besar apabila mesin masih berputar lambat, tetapi apabila mesin berputar dengan kecepatan tinggi, kipaspun berputar dengan kecepatan tinggi pula. Hal tersebut akan menambah tahanan sehingga kehilangan tenaga dan menimbulkan bunyi pada kipas. Untuk mencegah hal tersebut maka biasanya antara pompa air dan kipas pendingin dipasang sebuah kopling fluida.

Kelebihan yang dimiliki oleh kipas pendingin seperti adalah harganya yang relatif murah. Kelemahannya adalah suhu kerja mesin sulit dicapai karena kips terus berputar pada kondisi dingin, suara yang dihasilkan bising.

Kipas jenis ini banyak digunakan oleh mobil – mobil yang dimanfaatkan untuk keperluan niaga seperti mobil pick – up atau angkutan perkotaan dan juga ambulans nya terletak pada cara kerja yang bergantung pada rpm mesin.

Kipas Pendingin Kopling Fluida

Kipas ini menggunakan media carian (fluid) untuk menggerakan kipasnya.

Kopling fluida berfungsi untuk mendinginkan radiator dengan lebih efisien. Saat temperatur udara rendah,
kecepatan kipas rendah sehingga mesin menjadi panas dan saat temperatur tinggi, otomatis putaran kipas menjadi cepat.

 

 

Tujuan dari penggunaan cairan pada kipas adalah :

  • meringankan kerja mesin
  • mengurangi suara berisik
  • putaran kipas menjadi lebih stabil

Pendinginan yang dilakukan lebih baik dibandingkan pendinginan dengan kipas pendingin konvensional

susunan kopling fuida




(2)  Kipas pendingin yang digerakkan motor listrik

images?q=tbn:ANd9GcTenNESvCXqNo_ZShJ_jHg
    Berputarnya kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik terjadi pada saat temperatur air pendingin panas. Temperatur air pendingin dikirimkan ke motor listrik melalui sinyal yang terdapat pada kepala silinder. Pada saat temperatur meningkat pada suatu tingkat yang ditetapkan, sinyal tersebut merangsang motor relay untuk menggerakkan motor listrik yang kemudian menggerakkan kipas pendingin. Dengan demikian kipas akan bekerja pada saat yang dibutuhkan, sehingga temperatur mesin dapat dicapai lebih cepat.

Berputarnya kipas pendingin apabila temperatur mesin melebihi 93° C . Hal tersebut diatur oleh coolant temperatur switch yang dipasang pada saluran air keluar dari mesin ke radiator dan relay dari motor listrik. Apabila kunci kontak pada posisi ON, mesin berputar dan temperatur air pendingin di bawah 93° C seperti terlihat pada gambar Dibawah, coolant temperatur switch pada keadaan ini titik kontaknya dalam keadaan tertutup sehingga arus listrik mengalir melalui kunci kontak, relay, titik kontak coolant temperatur switch dan ke massa. Arus listrik yang mengalir pada relay akan menyebabkan titik kontak pada relay terbuka sehingga arus listrik yang kemotor listrik tidak mengalir sehingga kipas tidak berputar.

images?q=tbn:ANd9GcQKpe5TMtzOEl126rSCk1S

Apabila temperatur air pendingin melebihi 93° C, titik kontak pada coolant temperatur switch akan terbuka yang selanjutnya akan menyebabkan relay tidak bekerja dan titik kontaknya saling berhubungan. Pada keadaan ini arus listrik akan mengalir dari baterai ke motor listrik melalui kunci kontak dan titik kontak relay sehingga motor berputar bersama dengan kipas yang selanjutnya mengalirkan udaramelalui inti radiator seperti terlihat pada gambar dibawah.





Kipas ini digerakan oleh motor listrik dan biasanya diletakan menempel pada badan radiator mesin sehingga ruang mesin lebih luas. Keuntungan dari kipas pendingin jenis ini adalah :

  • beban mesin berkurang
  • hemat bahan bakar
  • pendinginan lebih efisien
  • berkurangnya suara berisik

B.      Tali Kipas / V Belt




Kipas pendingin umumnya digerakkan oleh tali kipas. Tali kipas terbagi menjadi V-belt dan V ribbed belt.

 

  • -V Belt

Disebut V belt karena berbentuk V untuk menambah efisiensi pemindahan tenaga. Vbelt terdapat 2 macam tipe conventional dan tipe cog.

 images?q=tbn:ANd9GcROGurf2PsuCnOFsI42Za2

    • - V Ribbed Belt

images?q=tbn:ANd9GcTWZkIordmN4Y2IHxLXNU6
V ribbed belt mempunyai keuntungan mempunyai efisiensi pemindahan tenaga yang besar dan panas yang tinggi, tahan lama.

 

 

C.    PEMERIKSAAN KIPAS PENDINGIN DAN V-BELT

Pada sistem pendinginan V belt berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke kipas pendingin. Apabila tegangan V belt kurang maka akan menyebabkan terjadinya slip sehingga kecepatan putaran kipas kurang dan akibatnya pendinginan berkurang.

Penurunan tegangan V belt disebabkan oleh keausan V belt karena faktor usia atau perubahan penyetelan. Kerusakan yang terjadi pada V belt akibat dimakan usia, diantaranya: V belt aus, elastisitas menurun dan V belt menjadi pecah. apabila kerusakan pada V belt tidak diperhatikan maka terdapat kemungkinan V belt putus pada saat kondisi mesin hidup.







Langkah-langkah dalam pemeriksaan V belt, yaitu:
1. Lepas V belt dari kemungkinan retak, rip lepas retak atau cacat
2. Pasang kembali dan setel tegangan V belt dengan menekan dengan kekuatan 10 kg, standar defleksi untuk belt lama = 7-10mm dan untuk belt baru = 5-7 mm.



Untuk jenis v belt juga harus memeriksa pemasangannya terhadap pully. Pemeriksaan Belt tipe multi V. Besar difleksi untuk belt lama sebesar 7-8 mm, sedangkan belt baru 5-7 mm dengan tegangan belt  45-55 kg untuk belt baru dan 20-35 kg untuk belt lama.







demikian yang dapat admin sampaikan hari ini semoda bermantaaet



wassalamualaikum wr wb


Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

47 tanggapan untuk "OTOMOTIF: BAHAS TUNTAS COOLING FAN SISTEM PENDINGIN MOBIL+ cara pemeriksaan"

Newbie Baru pada 16:31, 23-Agu-13

Ane Tp sob

Mytha pada 16:53, 23-Agu-13

Met sore mz shob,
wah ngeblog sambil belajar ne,,, dan belajar utk berbagi juga,,,
nyimak aj ea mz shob,
mslh begituan nga fhm juga,smile

mt lanjut aktfts sore

Ангел Смерти от Города Суракарта pada 17:15, 23-Agu-13

Wahh boleh jg tips'a sob,,tpi ane gag pnya mobil wkwk eah tk ingt2 aja ntar sypa taw bsa beli hehe,,mksh dah brkunjung ktmpatku n mf lmbt blz

ÐßØ Ðяêศm Mâธtêя pada 17:44, 23-Agu-13


Assalammuaikum dan selamat malam gan.

nice post gan, ijin nyimak dulu.


smile
teruskan karya.

Jika ada waktu mampir gan, ada new post di blog ana

right-arrow Dream Master

bambang heru pada 18:20, 23-Agu-13

Ane kurang ngerti begituan gan biggrin

Hadri Aja Gan

Mubari pada 19:32, 23-Agu-13

Mantap bos. . . . . Mksh infonya bos

Ahmads the changer pada 21:15, 23-Agu-13

@Mubari,
Y thnx kembali sudah hadir dan brkumentar sobat

Ahmads the changer pada 21:18, 23-Agu-13

@bambang heru,
Y menyimak aj sob, ,
thnx y dah hadir lol

Ahmads the changer pada 21:21, 23-Agu-13

@Newbie Baru,
Thnx sudah hadir sobat

Ahmads the changer pada 21:23, 23-Agu-13

@Mytha,
Y thnx sudah hdir sobat mitha

Ahmads the changer pada 21:48, 23-Agu-13

@Ангел Смерти от Города Суракарта,
Y siapa tau besok bisa pnya sob, he he cheesy-grin
Thnx sudah brkunjung rolleyes

Ahmads the changer pada 21:50, 23-Agu-13

@ÐßØ Ðяêศm Mâธtêя,
Waalaikum salam sobat, thnx y dah hadir

ChelseaFC pada 00:26, 24-Agu-13

sling follow yuk bro!

ɽɨʐкɣάʂ άкάʈʂʊкɨ 48 pada 05:07, 24-Agu-13

wah, nice post sob, sangat bermanfaat, thanks dah share, di tunggu kunbalnya

keren pada 14:12, 24-Agu-13

Keren gan , postnya biggrin

sukses slalu

ditunggu kunbalnya

Arya Wjaksana pada 16:42, 24-Agu-13

Kunjungan sore, kawan! smile Maaf baru bisa berkunjung. Salam sukses. wink

Ahmads the changer pada 19:15, 24-Agu-13

Yu bro

Ahmads the changer pada 19:29, 24-Agu-13

@Arya Wjaksana,
Y thnx sudah brkunjung sobat.

Ahmads the changer pada 19:32, 24-Agu-13

@Arya Wjaksana,

Ahmads the changer pada 19:36, 24-Agu-13

@Arya Wjaksana,
Y g papa sob thnx sudah brkunjung sobat.

Johnny Saketeng pada 22:12, 24-Agu-13

Wah walapun saya kurang ngeh sama otomotif tapi saya sangat suka sama otomotif, ijin save artikelnya biggrin

Admin JS-1

Johnny Saketeng pada 22:12, 24-Agu-13

Wah walapun saya kurang ngeh sama otomotif tapi saya sangat suka sama otomotif, ijin save artikelnya biggrin

Admin JS-1

Fajar PasOne subang pada 23:05, 24-Agu-13

Pusing tapi keren . .
Kumbal ya sob..

Fajar PasOne subang pada 23:19, 24-Agu-13

Berkunjung tengah malam kawan ,,
keren info'nya . .
Mampir ya.

deluso pada 23:29, 24-Agu-13

hadir dulu. . Nice info. . Dtggu luncuran kunbalx biggrin

Miftah Farid pada 06:42, 25-Agu-13

Info Otomotif nih...


»»»Antara Arvind Gupta, MyWapBlog, AnakAjaib.Com Dan Kita Ada Cinta




»Miftah Farid Admin AnakAjaib.Com

Ahmads the changer pada 08:08, 25-Agu-13

@Miftah Farid,
y sob,

Ahmads the changer pada 08:08, 25-Agu-13

@Johnny Saketeng,

Ahmads the changer pada 08:08, 25-Agu-13

@Johnny Saketeng,
y thnx sobat

JURNAL pada 08:36, 25-Agu-13

Hadir sobt... Mantap postnya da slesai baca n sngat brmanfaat.. Hehe,,, .Di tunggu khadirannya y wink OC

Ahmads the changer pada 08:49, 25-Agu-13

@Fajar PasOne subang,
Y thnx dah brkunjung sobat

Ahmads the changer pada 08:51, 25-Agu-13

@deluso,
Y thnx dah mampir sobat

Ahmads the changer pada 09:00, 25-Agu-13

@JURNAL,
Y sob, thnx dah n0ngol y

ChelseaFC pada 14:02, 25-Agu-13

follbck sukses bro!

Ricky Cobain pada 14:49, 25-Agu-13

kunjungan sore sob biggrin
Keren postingan'y biggrin

klu da waktu mampir yach razz

Visit: http://
Rickythea.mywapblog.com/

mrgreen twisted arrow redface evil rolleyes wink idea lol cry biggrin exclaim question smile : ( surprised eek confused 8) mad neutral razz

keren pada 17:27, 25-Agu-13

Keren gan biggrin

mampir yuk , ada post baru

Ahmads the changer pada 20:00, 25-Agu-13

@keren,
y sob dnggu ja kunbal saya biggrin

Ahmads the changer pada 20:01, 25-Agu-13

@Ricky Cobain,
Y THS SUDAH HDIR SOBAT

Ahmads the changer pada 20:01, 25-Agu-13

@ChelseaFC,
Y, thx sobat atas folbecknya

Kory pada 10:01, 06-Sep-14

Great beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how can i subscribe for a blog site? The account aided me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept
Kory http://www.articlepaper.com/precisely-how-can-you-improve-my-height

Piper pada 17:55, 06-Sep-14

Great beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how can i subscribe for a blog site? The account aided me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea
Piper http://heellift.jimdo.com/2014/02/15/top-of-feet-problems/

Kennedy pada 01:50, 07-Sep-14

Great beat ! I wish to apprentice even though you amend your internet web site, how can i subscribe for a weblog website? The account aided me a appropriate deal. I had been a bit bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept
Kennedy http://industriousbedd803088.pen.io/

Brooklyn pada 04:24, 07-Sep-14

Some really wondrous work on behalf of the owner of this internet site, perfectly great subject material.
Brooklyn http://baffelt.hatenablog.com/entry/2014/02/16/000600

Gale pada 06:59, 07-Sep-14

Just, admirable what you’ve done here. It’s pleasing to search you express from the heart as well as your clarity on this considerable material might be quickly looked. Exceptional publish and will seem ahead to your long run update.
Gale http://www.purevolume.com/FridaMoss/posts/1365431/Leg+Length+Asymmetry

Demetrius pada 09:35, 07-Sep-14

Thanks for this wonderful post! It continues to be extremely helpful. I hope that you’ll proceed sharing your wisdom with us.
Demetrius http://muju1972.fotopages.com/?entry=9994012

Addison pada 12:16, 07-Sep-14

Strange , this post turns up with a black color to it, what shade is the primary color on your web-site?
Addison http://www.purevolume.com/listeners/dastpaul/posts/644437/Height+Insoles

Sydney pada 09:18, 08-Sep-14

What contemptible scoundrel has stolen the cork to my lunch?
Sydney http://donnatall.snappages.com/blog/2014/01/26/should-health-professionals-encourage-height-insoles

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)